Sunday, October 2, 2016

Rekomendasi Tempat Wisata di Ciamis

assalamualaikum wr wb
salam sejahtera untuk kita semua

okeh kali ini saya akan ngasih tahu tempat wisata yang wajib di kunjungi di ciamis gan, yahhh sekedar info sihh. tapi kalo emang minat boleh tuh maen ke ciamis.
okehh langsung aja ke tahap pertama.



Sekilas tentang ciamis


Kota kecil di bagian tenggara jawa barat ini adalah kampung halaman ane gan, yang berbatasan langsung dengan majalengka dan kuningan di utara, cilacap jawa tengah dan banjarsari di timur. kota tasikmalaya di barat, pangandaran dan samudra hindia di selatan keren kan ?
Kabupaten Ciamis terdiri atas 30 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Ciamis.
Kecamatan Banjar, yang dulunya bagian dari Kabupaten Ciamis, sejak tanggal 11 desember 2002 ditingkatkan statusnya menjadi Kota administratif, dan sejak tanggal  ditetapkan menjadi kota (otonom), yang terpisah dari Kabupaten Ciamis. selain itu bagian Selatan Kabupaten Ciamis mengalami pemekaran pada tanggal 25 oktober 2012 menjadi kabupaten pangandaran yang memiliki 10 Kecamatan.
Tempat wisata ciamis


  1. Situ lengkong panjalu salah satunya, situ lengkong panjalu adalah perpaduan dari destinasi wisata rekreasi dan wisata budaya gan.situ lengkong selain indah agan juga bisa ajak temen, pacar, atau keluarga kesini gan. banyak makanan dan saung tempat makan bareng dan lengkap dengan bebek-bebekan buat jelajahi situ lengkong ini gan. Dan wisata budayanya adalah merupakan sejarah dari kerajaan panjalu yang menjadi cikal bakal kawasan tersebut gan. di pulau tengah situ lengkong terdapat sebuah makam milik Hariang Kencan putra dari Hariang Borosngora. dan yang lebih kerennya gan, di saat-saat tertentu sering di adakan upacara yang dinamakan upaca nyangku, yaitu ritual untuk membersihkan benda-benda pusaka gan. Situ lengkong terletak di kecamatan Panjalu kabupaten Ciamis.

  2. Curug Tujuh Cibolang juga bagian dari destinasi wisata ciamis, di tempat ini agan bisa menangkan pikiran yang udah mumet sama kerjaan di kota. pasalnya tempat ini memiliki pemandangan yang ajib gan di tambah udara yang sejuk kalo panas tengah hari, kalo ujan dingin banget gan kayak di dalem kulkas.
    di curug tujuh ini gan ada beberapa air terjun dan yang paling tinggi itu yang pertama gan, dan yang paling keren itu yang terakhir gan, menurut ane sihh, tapi kalo agan berkunjung kesana agan bisa nilai sendiri kerennya. Disana juga disediakan tempat makan berupa saung lesehan dan beberapa warung-warung kecil. Curug tujuh terletak di kecamatan Panjalu Kabepaten Ciamis.



  3. Dan yang paling ngehits terbaru adalah Mega Wisata Icakan Nih Gan, udah pernah denger belum ? atau udah pernah kesana ? okeh langsung aja kita Bahas gan.

    Tempat ini baru aja rilis tahun 2013 kalo gak salah dan udah eksis sebagai tempat wisata paling keren gan, agan bisa ajak temen, keluarga, pacar buat rekreasi kesini gan. selain murah meriah tempatnya juga keren gan ada waterboom ada masjid, danau dan wisata uotbon. Di sekitar komplek icakan ada yang namanya kontrak gan tempat ini juga wajib di kunjungi gan paling pas saat sore hari, tempatnya mirip sama puncak bogor gan cuman panas kalo siang hari gan.

4. Ciung Wanara Atau Karkamulyan, Penah denger gan ? yap tempat ini adalah salah satu wisata sejarah di Ciamis gan. Legenda situs Karangkamulyan berkisah tentang Ciung Wanara yang berhubungan dengan Kerajaan Galuh. Cerita ini banyak dibumbui dengan kisah Kepahlawanan yang luar biasa seperti kesaktian dan keperkasaan yang tidak dimiliki oleh orang biasa namun dimiliki oleh Ciung Wanara. Di tempat ini terdapat situs purbakala seperti singgasana Raja Galuh, tempat sabung ayam, makam raja, dan di tempat ini juga banyak banget kerabat manusia gan yaitu, monkey gan hahaha :D canda dikit gan. disana juga ada gong perdamaian dunia lohh . jadi selain menyenangkan kita juga mendapat banyak ilmu gan betul ? hahaha . :D 



 Sekilas Kuliner di Ciamis

Setiap daerah pasti aja ada makanan khasnya, yaiyalahh indonesia apasih yang nggak :D nahh kali ini mari kita bahas tentang makanan khas dari ciamis ini gan okeh ? 

      Galendo
Pernah denger galendo gan ? dari namanya agan pasti berpikir kalo galendo itu manis ? yapss emang bener gan galendo itu manis kelapa pake gula merah, bisa dan sekarang udah ada beraneka macam galendo lohh gan di ciamis, ada yang bbentuknya cabe, yang bentuknya pentongan, pokoknya banyak deh gan dan tentunya manis gan. 
okeh gan ane bahas lagi nihh, sekarang cara bikin galendonya gan. 
   ..............hehe ane kagak tau nihh gan, pokoknya bahan dasarnya itu kelapa dahh 
nahh gambar di atas adalah contoh dari galendo yang di bikin bermacam bentuk gan, lucu kan ? pas tuh buat oleh-oleh.

Berhubung sekarang lagi musimnya Ramen gan, ane kasih info nihh warung ramen yang enak di ciamis gan, kalo agan berkunjung ke ciamis wajib di coba nihh gan.

Langsung aja gan ini dia penamkan caffenya gan. 

ane kurang tau resepnya gan, cuman ni ramen sekali nyoba, tetap dalam jiwa gan :D

Okehh gan sekian artikel kali ini, terimakasih sudah berkunjung gan . 
tinggalkan komentar yang bijak dan sopan gan. 

1 comment: